Kenapa MEMORY Penuh Pada HP Android



Rasanya kesal ketika ingin mengunduh sebuah aplikasi, namun di layar smartphone tertulis 'Not Enough Space' alias tempatnya sudah penuh. Anda lalu menghapus beberapa aplikasi, tetapi ketika ingin mengunduh masih saja tulisan itu muncul. Sebetulnya apa yang terjadi? Mengapa smartphone cepat penuh memorinya, padahal tidak terlalu banyak aplikasi yang di install. Tentu Anda penasaran mengapa ini terjadi.
Ada beberapa tips agar memori internal smartphone Anda tidak cepat penuh.
Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan.
5 TIPS UNTUK MASALAH MEMORY SELALU PENUH

1. Pindahkan penyimpanan ke eksternal
Buka pengaturan (setting), lalu pilih Apl (Apps). Di sana akan terlihat semua aplikasi yang diunduh di smartphone Anda. Klik salah satu aplikasi. Maka akan terlihat data dari aplikasi tersebut. Kemudian klik tulisan move to SD card atau pindahkan ke kartu SD. Dan apikasi Anda sudah berpindah. Lakukan pada beberapa aplikasi yang lainnya.

2. Mengosongkan Cache
Cache merupakan tempat sampah untuk menyimpan berbagai memori yang telah dilakukan oleh smartphone Anda. Jadi, kalau sampahnya banyak tentu saja mengganggu berjalannya aplikasi di smartphone.
Caranya adalah buka 'Setting' lalu pilih 'Penyimpanan'. Pilih lah 'Data Dalam Cache'. Klik itu dan sampah yang ada otomatis terhapus. Atau bisa juga mengunduh aplikasi pembersih cacheseperti master cleanercc cleaner, dll.

3. Uninstall aplikasi bawaan pabrik
Biasanya smartphone dilengkapi dengan berbagai aplikasi bawaan pabrik. Anda mungkin tidak memerlukan beberapa aplikasi tersebut. Sebaiknya dihapus saja, agar menambah memori smartphone Anda. Gunakan aplikasi yang memang dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari.

4. Gunakan memori eksternal
Video dan foto merupakan hal yang paling banyak memakan memori. Untuk itu, selalu gunakan memori eksternal untuk menyimpan hasil jepretan Anda. Hal ini untuk meminimalisir penggunaan memori internal. Juga sebaiknya melakukan transfer data smartphone pada komputer/laptop setiap sebulan sekali. Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Hapus folder Thumbnail
Lakukan pengecekan rutin pada folder DCIM atau folder penyimpanan foto. Di sana ada sebuah folder yang dimaksudkan untuk membuat salinan dari foto dan video yang pernah Anda buka. Folder ini tidak berguna sama sekali. Anda bisa menghapusnya secara berkala.
Demikian tips agar memori internal smartphone Anda tidak cepat penuh. Sehingga dapat mengunduh berbagai aplikasi lainnya yang dibutuhkan. Selamat mencoba.


Comments

1

suryoads

adssuryokokara